PROGRAM LAKTASI (KELAS EDUKASI ORANG TUA CERDAS INDONESIA) DALAM MENURUNKAN STUNTING

Authors

  • KURNIAWAN ERMAN WICAKSONO ERMAN NURSING PROGRAM STIKES WIDYAGAMA HUSADA

Keywords:

Program LAKTASI, Gizi, Stunting, Balita

Abstract

Pendahuluan: Permasalahan gizi dan stunting di Indonesia belum mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah. Upaya pencapaian target tersebut dapat dilakukan dengan model pemberdayaan di masyarakat khususnya dalam meningkatkan gizi dan menurunkan stunting. Program LAKTASI merupakan bentuk model pemberdayaan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah menjadikan Program LAKTASI  sebagai upaya meningkatkan gizi pada balita serta menunrunkan terjadinya stunting di Desa Sumber Suko.

Metode: Program berlangsung selama bulan Juni hingga September 2020 yang diikuti oleh 15 peserta yaitu ibu dengan anak balita. Pelaksanaan program di Desa Sumbersuko. Program LAKTASI menggunakan metode Focus Group Discussion dalam penyampaian materi. Materi yang disampaikan dengan menggunakan modul dengan topik lima tugas kesehatan keluarga, score z-score dan penyimbangan tumbuh kembang balita. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengukur tinggi badan dan berat badan. Hasil pengukuran berat badan dilakukan di bulan ke-1 dan ke-2 dengan hasil ada perbedaan (0,000) sedangkan untuk tinggi badan juga dievaluasi di bulan ke-1 dan ke-2 hasilnya terdapat perbedaan (0,000).

Pembahasan: Program LAKTASI merupakan suatu program pemberdayaan dalam bentuk intervensi keperawatan. Pencapaian yang diharapkan dari program ini adalah kemampuan keluarga dalam mengembangkan lima tugas kesehatan keluarga dalam merawat anak balita gizi seimbang. Sehingga tercapainya gizi seimbang dengan indikator peningkatan berat badan dan meningkatkan tinggi badan.

Kesimpulan: Program LAKTASI merupakan bentuk inovasi intervensi keperawatan komunitas dalam menanggulangi masalah gizi seimbang pada balita melalui peningkatan berat badan dan tinggi badan balita

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles