REFLECTIVE TEACHING: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN REFLEKSI PENGAJARAN TERSTRUKTUR BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMK

Authors

  • Al Ikhwan Fadqur Rohqim STIKES Widyagama Husada Malang

Keywords:

reflective teaching; guru bahasa Inggris SMK; refleksi pengajaran terstruktur.

Abstract

Meskipun menjadi penyumbang tenaga kerja terbanyak, Sekolah Menengah Kejuruan belum berhasil menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam lingkup regional maupun global. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya rata-rata kemampuan berbahasa Inggris lulusan SMK di Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK, salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru SMK. Sejalan dengan program tersebut, program PkM ini bermitra dengan SMK Widyagama dan menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bagi guru bahasa Inggris SMK dengan memfokuskan pada topik refleksi pengajaran terstruktur. Dengan memiliki kemapuan merefleksi pengajaran dengan baik, peserta PkM diharapkan mampu merencanakan, menyelenggarakan dan mengevaluasi kegiatan pengajaran dengan baik. Karena adanya pandemi Covid-19 maka keseluruhan program dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap utama yaitu pra program, program inti dan pasca program. Tujuan utama dari PkM ini adalah agar peserta memahami dan dapat mengaplikasikan refleksi pengajaran terstruktur berdasar pada kerangka kerja Gibb's reflective cycles. Dari hasil refleksi tertulis dan masukan tertulis terhadap program PkM dari peserta dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini telah berhasil dicapai.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles