OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TAMAN PENITIPAN ANAK

Authors

  • Mizam Ari Kurniyanti STIKES Widyagama Husada

Keywords:

Tumbuh Kembang, Permainan Edukatif

Abstract

           Perubahan tatanan sosial budaya dalam masyarakat ditandai oleh bergesernya peran dan fungsi keluarga.Salah satu hal yang menandai adanya perubahan tersebut adalah banyaknya ibu yang memiliki anak juga berfungsi sebagai pencari nafkah. Taman Penitipan Anak (TPA) merupakan lembaga penyelenggara usaha kesejahteraan anak balita, yang keberadaannya berupaya membantu orang tua dalam melaksanakan fungsi pengasuhan dan pembinaan keluarga terhadap anak, telah menjadi kebutuhan yang dirasa penting. Di TPA diharapkan anak tetap mendapatkan ketiga kebutuhan dasar yaitu asah, asih dan asuh. Salah satu kebutuhan dasar tersebut yaitu asah, dapat diberikan dengan melakukan stimulus  melalui kegiatan bermain. Alat permainan edukatif yaitu alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Alat ini mengandung nilai pendidikan, dimainkan sesuai usia dan tingkat perkembangan anak. Salah satu Alat permainan edukatif yang dapat menstimulus adalah perkembangan aspek motorik yaitu dengan pengenalan ukuran, bentuk dan warna.  Anak yang dititipkan di TPA berada disana selama 6-8 jam sehari. Dalam waktu yang cukup lama tersebut diharapkan stimulus dengan bermain melalui Alat permainan edukatif dapat dilakukan, dan anak dapat terpenuhi kebutuhannya dalam perkembangan ketrampilan motorik secara optimal melalui Alat permainan edukatif.

Downloads

Published

2021-11-29

Issue

Section

Articles